Bimbel Kedinasan Online Mau Masuk Sekolah Kedinasan Yuk, Kenali 5 Jenis Tesnya!

Bimbel Kedinasan Online Mau Masuk Sekolah Kedinasan Yuk, Kenali 5 Jenis Tesnya!

Percaya gak sih kalau bimbel Kedinasan banyak dicari oleh masyarakat? Khususnya bagi mereka yang baru saja lulus SMA atau SMK yang ingin melanjutkan ke Sekolah Dinas. Kalau Sobat Moorid, apakah tertarik juga untuk berkuliah di Sekolah Dinas?

Nah, jika kamu berminat untuk masuk Sekolah Dinas, tentunya harus tahu berbagai informasi seputarnya. Di artikel kali ini akan kita bahas segala hal tentang sekolah kedinasan. Khususnya berbagai tes yang harus Sobat Moorid taklukan nantinya. Apa saja sih tes masuknya tersebut?

Bimbel Kedinasan: Jenis Tes Masuk Sekolah Dinas

  1. Bimbel Kedinasan: TKA (Tes Kemampuan Akademik)

Jenis tes yang pertama adalah Tes Kemampuan Akademik atau lebih sering dikenal sebagai TKA. Bukan tenaga kerja asing, ya Sobat Moorid. Sesuai namanya, TKA ini dikhususkan untuk melakukan pengecekan terhadap kemampuan akademik calon siswa.

Tentunya berkaitan erat dengan segala pengetahuan dan keilmuan yang pernah dipelajari sebelumnya. Sebelum Sobat Moorid menjadi siswa di Pendidikan Tinggi  Sekolah Kedinasan, kamu harus menaklukan tes ini.

Adapun beberapa materi atau pengetahuan yang akan dites. Yakni, kemampuan bahasa, tes angka (numeric), tes logika, serta tes gambar ruang (spasial).

Tidak semua sekolah secara khusus mengajarkan tes ini.  Namun, dari setiap pembelajaran yang dilakukan di sekolah, pasti akan mengandung unsur-unsurnya.

Nah, kalau kamu merasa masih sulit untuk mengetahui lebih jelas perihal bagaimana tesnya, mending ikut bimbel kedinasan online bersama Moorid Apps!

  • TKD (Tes Kemampuan Dasar)

Jika sebelumnya TPA, maka jenis tes selanjutnya adalah TKD atau Tes Kemampuan Dasar. Kebanyakan para calon siswa akan merasa mudah ketika mengerjakan soal di TPA. Begitu pun dengan tes di TKD yang tidak begitu sulit.

Untuk materi tes ini tergolong masih dasar. Sesuai dengan nama jenis tesnya. Meskipun begitu, banyak lho peserta ujian yang merasa kesulitan dalam mengerjakan. Namun, Sobat Moorid jangan dulu salah kaprah, ya!

Antara TKD untuk ujian sekolah dinas berbeda dengan TKD yang dilakukan saat ujian SBMPTN. Biasanya ketika SBMPTN soal yang harus dikerjakan berupa soal bahasa Indonesia dan Inggris serta matematika dasar.

Jika sobat Moorid ikut tes TKD untuk sekolah Kedinasan, maka soal tesnya berbeda. Dimana soal-soal mencakup pengetahuan Wawasan Kebangsaan, Intelegensi Umum, dan Karakteristik Pribadi.

Bagi Sobat Moorid yang merasa kesulitan dalam pengerjaan matematika, tidak usah khawatir! Pemberlakukan tes ini pun bukan tanpa alasan. Pasalnya tes dilakukan agar para calon siswa bisa diketahui bagaimana perilakunya.

Khususnya dalam masalah pelayanan sosial, sosial budaya, teknologi informasi dan juga komunikasi, jejaring kerja, hingga masalah profesionalisme. Bersamaan juga dengan pengetahuan tentang kebangsaan, seperti implementasi nasionalisme dan 4 pilar kebangsaan.

  • TKB (Tes Kemampuan Bidang)

Tidak sampai di Tes Kemampuan Dasar, jika Sobat Moorid sudah lolos tes sebelumnya, akan ada tes lanjutan. Tes selanjutnya adalah Tes Kemampuan Bidang. Dimana tes  ini lebih spesifik dan terkhusus.

Sesuai nama jenis tesnya, setiap peserta akan melakukan ujian sesuai bidangnya masing-masing. Jika kamu memilih bidang kesehatan, maka yang dites adalah kemampuan seputar kesehatan.

Begitu pun jika Sobat Moorid memilih bidang hukum atau agama, maka yang dites pun adalah kemampuan dan pengetahuan tentang bidang tersebut.

Untuk jenis tes ini pun bukan hanya dilakukan pada satu fase lho, Sobat Moorid! Kamu harus mempersiapkan beberapa jenis tes. Dimulai dari tes ujian tulis yang berisi soal-soal berkenaan dengan bidang-bidangnya.

Dilanjutkan dengan tes psikologi, sampai pada tahap tes wawancara. Kamu juga bisa mengasah kemampuan bidang dengan ikutan bimbel kedinasan yang diadakan oleh Moorid, lho!

  • Tes Kesehatan

Jika tes-tes sebelumnya berhubungan dengan tes yang sifatnya kemampuan dan pengetahuan. Maka, tes yang satu ini tidak memerlukan kemampuan khusus, Sobat Moorid. Jika kamu sudah lolos ketiga tes sebelumnya, maka kamu wajib ikut tes kesehatan.

Semua peserta yang sudah lolos dari TKA sampai TKB, maka harus dipastikan bahwa dirinya sehat. Pasalnya, tes kesehatan juga bisa jadi penentu kamu akan lolos atau tidak.

Beberapa macam tes yang harus dilakukan pun variatif. Dari mulai tes darah, tensi, urine, kesehatan gigi, kesehatan paru-paru, tes buta warna, dan beberapa tes lainnya.

Namun, setiap Sekolah Dinas menerapkan jenis tes kesehatan yang berbeda. Sehingga untuk jenis tes spesifiknya, bisa tergantung ketentuan yang ditetapkan oleh sekolah dinas yang kamu pilih.

Untuk mengetahui apa saja jenis sekolah dinas, kamu bisa melihat  informasinya di artikel lain di Moorid Apps bimbel kedinasan online!

  • Tes Kesamaptaan

Tes-tes sebelumnya, pasti tidak akan terdengar asing. Namun, untuk tes kesamaptaan pasti sebagian dari Sobatt Moorid, ada yang masih asing bukan?

Jangan dulu cemas, Sobat Moorid. Pasalnya untuk jenis tes yang satu ini dikhususkan bagi kamu yang mendaftar di Sekolah Dinas bersistem pendidikan semi-militer. Misalnya seperti sekolah IPDN, STIN, STSN, dan lain sebagainya.

Tes kesamaptaan berhubungan dengan masalah fisik. Tentunya dilakukan untuk menguji bagaimana kekuatan dan kemampuan fisik kamu. Jadi, harus dipastikan kalau kamu benar-benar kuat dan bisa menaklukan segala tesnya.

Adapun beberapa tes yang akan kamu jalani di kesamaptaan ini. Dimulai dari tes push-up, berlari, pull-up, hingga melompat dan jenis tes fisik lainnya. Meskipun begitu, tesnya pun bisa berbeda tergantung pilihan sekolah tinggi yang Sobat Moorid pilih.

Nah Sobat Moorid, itulah beberapa jenis tes yang harus kamu lakukan ketika mendaftar di Sekolah Kedinasan. Bagaimana, sudah siap untuk mengikuti tesnya?

Jangan lupa, untuk persiapkan tes masuk masuk dengan ikut bimbel kedinasan bersama Moorid Apps. Lebih fleksibel dan pastinya bisa bantu kamu lolos Sekolah Kedinasan dengan mudah!

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GRATIS
E-BOOK UNTUK KALIAN